Siapa sih yang tak kenal dengan makanan khas nusantara yang satu ini? Bakso memang sudah banyak dikenal dan disukai oleh kalangan masyarakat di Indonesia. Ada beragam bahan yang digunakan untuk membuat bakso ini menjadi terasa enak. Ada yang menggunakan daging sapi, daging ayam, ada juga bakso urat.

Tapi terlepas dari itu semua, bakso tetaplah makanan kenyal dan enak. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat pentol bakso ayam kenyal dan lezat. Tentunya resep ini bisa Anda coba sendiri di rumah karena cara pembuatannya cukup mudah.

Bakso Ayam

Bakso ayam dipilih karena harga daging ayamnya sendiri relatif lebih murah kalau dibandingkan dengan daging sapi. Tentunya tanpa menguarangi citarasanya, tak jauh berbeda dengan daging sapi. Jadi, bagi Anda yang ingin membuat bakso dengan budget yang terjangkau tapi rasanya juga enak, daging ayam adalah pilihan yang tepat.

Jadi, pada dasarnya pentol bakso yang kenyal dan enak ini terbuat dari campuran daging ayam yang dihaluskan dengan mesin pembuat bakso dan kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan seperti baking soda, tepung meizena dan lain-lain di proses dengan dibentuk seperti bulatan kecil dan disajikan bersama pelengkap sayuran segar serta penyedap rasa dan kuah panas nikmat.

Tentunya pentol bakso yang disajikan ini juga melewati tahap perebusan hingga matang terlebih dahulu sebelum benar-benar disajikan dalam mangkuk bersama bahan-bahan lainnya. Bukan hal sulit untuk menemukan para penjaja jajanan bakso tapi Anda juga bisa membuatnya dengan kreasi ala dapur rumah.

cara membuat pentol bakso ayam

Bahan-bahan Bakso Ayam

  • Daging ayam (paha/dada) 500 gr
  • Air es ±125 cc
  • Kecap ikan 1 sdm
  • Tepung meizena 2 sdm
  • Garam halus secukupnya
  • Gula pasir putih ½ sdm
  • Baking soda ¼ sdm, untuk pengembang
  • Merica bubuk/halus ½ sdt
  • Kaldu ayam bubuk ½ sdt, opsional
  • Minyak kelapa ½ sdm, untuk menggoreng

Bahan-bahan Kuah Bakso

  • Bawang putih kupas 3 gengam
  • Bawang merah kupas 1 gengam
  • Daun bawang diiris ambil bawahnya yang putih 1 gengam
  • 2 sendok teh merica bubuk
  • 1 biji pala

Cara Membuat Pentol Bakso Ayam

  1. Campurkan daging cincang dari hasil penghalusan food processing dengan 5 sdm air es agar menjadi gumpalan adonan, lalu tuangkan ke dalam wadah/mangkuk.
  2. Setelah itu, masukkan ke dalam campuran daging cincang minyak goreng, maizena, merica bubuk, baking soda, kaldu bubuk, gula, garam, kecap ikan, dan air es yang masih tersisa. Aduk merata.
  3. Banting-banting adonan bakso ke dalam wadah dengan isi air es agar kenyal dan lembut lalu pindahkan ke dalam wadah dengan alas plastik dan dinginkan dalam freezer hingga setengah jam lamanya.
  4. Selanjutnya, bentuk bulat adonan sebesar bola ping pong atau sesuai selera anda, kemudian rendam ke dalam rebusan air mendidih dan biarkan matang sampai mengambang ke permukaan air. Angkat dan tiriskan.
  5. Bakso siap untuk dikonsumsi.

Cara Membuat Kuah Bakso

  1. Bumbu kuah diatas dimasukan dalam blander di haluskan hingga halus, keudian disangrai / digoreng hingga matang. warnanya kecoklatan. gunakan minyak goreng kelapa yang dibuat dengan mesin minyak goreng kelapa.
  2. Sambil menunggu siapkan tulang kaki sapi 2 buah untuk menambah cita rasa kuah (kalo ada), masukan dalam panci berisi air panas didihkan kurang lebih 2 hingga 3 jam makin lama makin baik karena kaldunya akan keluar.
    Tambahlan air hingga pancinya 3/4 penuh.
  3. Masukan bumbu kuah bakso kedalam panci tulangan tersebut. selesai tinggal menambah gula, garam, dan vitsin secukupnya.
  4. Bakso daging ayam lezat dan nikmat siap disajikan untuk keluarga.

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Pentol Bakso Ayam Yang Enak dan Praktis. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin membuat dan memproduksi bakso sendiri di rumah. Selamat mencoba dan terima kasih.

Cara Membuat Pentol Bakso Ayam yang Enak dan Praktis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *