Tahukah anda ada banyak sekali alat kesehatan yang ada di Rumah Sakit atau Klinik. Dan semuanya berfungsi untuk membantu petugas medis untuk merawat dan menyembuhkan pasien yang membutuhkan pertolongan. Jenis dan ragam alat kesehatan juga sangat banyak, tapi tidak ada salahnya kita sedikit mengenal nama alat kesehatan dan fungsinya dengan mengambil beberapa contoh yang mudah.

Mengapa kita perlu mengenal alat kesehatan ?

Ada beberapa alasan diantaranya adalah karena mau tidak mau kita terkadang membutuhkan alat tersebut.  Jangan anda berfikir, alat kesehatan hanya ada di rumah sakit dan kita tidak bisa menggunakan alat tersebut. Salah, pada dasarnya alat kesehatan bisa digunakan oleh siapa saja yang membutuhkannya.

Oleh karena itu, melalui tulisan ini saya akan sedikit bebagi untuk mengenal nama alat kesehatan dan fungsinya yang sebenarnya kita butuhkan di keluarga kita.

  1. Tensimeter

Tensimeter, adalah alat kesehatan yang digunakan untuk mengukur tekanan darah. Ketika kita periksa kesehatan ke dokter, pertama kali kita akan diukur tekanan darahnya dengan menggunakan alat ini. Sekarang Tensimeter bisa anda gunakan sendiri di rumah. Tersedia tensimeter digital di toko alat kesehatan atau di distributor alat kesehatan yang menjual aneka jenis tensimeter dengan harga terjangkau.

  1. Termometer

Saya yakin anda pasti kenal dengan alat ini. Termometer berfungsi untuk mengukur suhu. Ketika ada anggota keluarga anda yang terkena demam, segera ukur dengan termometer dan lihat berapa derajat demam yang dialaminya. Ketika lebih dari 39 derajat. Maka sudah dikatakan demam tinggi, apabila demam tidak kunjung turun dalam waktu 3 hari, segeralah menghubungi dokter.

  1. Alat Cek Darah Portable

Di usia senja, sekarang banyak orang yang cenderung memiliki penyakit berikut : Hipertensi, Diabetes, Kolesterol, Asam Urat dan sejenisnya. Sekarang sudah ada alat cek darah mandiri. Dengan alat ini anda bisa mengecek kadar gula darah, kolesterol dan asam urat dirumah. Sehingga anda bisa dengan teratur mengontrol dan menentukan pola makan seimbang untuk mengatasi hal tersebut.

Demikian wacana tentang nama alat kesehatan dan fungsinya. Tiga contoh alat kesehatan tersebut, hanya sebagian kecil saja diantara ribuan jenis alat kesehatan lainnya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Mengenal Nama Alat Kesehatan Dan Fungsinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *